Kaprodi Agroteknologi dan Ketua LPPM Kunjungi Perkebunan Warga Ara Lipeh

Agusni. SP.,MP (depan) bersama Ketua LPPM Dr.Halus Satriawan.SP., M.Si (belakang) mengamati hama penyakit tanaman di perkebunan warga Ara Lipeh.

Ara Lipeh (Senin,18/11) Dalam rangka melaksanakan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Kepala Program Studi Agroteknologi Agusni. SP., MP melakukan kunjungan ke Desa Ara Lipeh Kecamatan Makmur Kabupaten Bireuen. Dalam kunjungan ke Desa tersebut, Agusni. SP., MP didampingi langsung oleh Ketua LPPM yang juga Dosen Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Al Muslim Dr. Halus Satriawan. SP., M.Si, meninjau salah satu perkebunan sawit yang terserang hama bercak daun. Menurut Dr. Halus Satriawan. SP., M.Si “penyakit yang menyerang tanaman yang ada disini merupakan penyakit yang mudah ditularkan ke tanaman lainnya, penyebabnya adalah mikroorganisme jenis jamur dan menyebar melalui hembusan angin. Untuk pencegahan dilakukan dengan menebang objek tanaman yang terinfeksi kemudian membakarnya” demikian Dr. Halus.

Sementara itu Kaprodi Agroteknologi Agusni. SP., MP menganjurkan “kepada warga untuk tidak menggunakan pupuk kimia secara berlebihan karena dapat menyebabkan tanaman mudah terserang hama dan penyakit. Solusi terbaik yang ramah lingkungan adalah penggunaan pupuk organik dengan dosis anjuran. Untuk mengendalikan hama dan penyakit disarankan untuk menggunakan pengendalian hama dan penyakit secara terpadu” tegas Agusni. SP., MP (rmd)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *