AAC Ampoen Chiek Peusangan, (21/12). Sebanyak 59 mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Pertanian Unversitas Almuslim Bireuen-Aceh diwisuda pada rapat Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Sarjana dan Ahli Madya angkatan XXXII, digelar Sabtu, 21 Desember 2019. Rektor Umuslim Peusangan, Dr. H. Amiruddin Idris. SE, M.Si dalam sambutannya pada rapat senat terbuka itu menyampaikan, pesatnya perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0, sangat berpengaruh terhadap karakteristik pekerjaan yang ada saat ini. Menurutnya, karakteristik di era revolusi industri ini, meliputi digitalisasi, optimis dan customization produksi, otomatis dan adaptasi, interaksi manusia dengan mesin, value added service and business, automatic data exchange and communication serta penggunaan teknologi informasi.

Ada yang berbeda saat prosesi pelantikan, dimana posisi Dekan FP digantikan oleh Dekan I Bidang Akademik drh. Zulfikar, M.Si untuk prosesi pelantikan. Ini dikarenakan Dekan FP Ir. T.M.Nur. M.Si sedang ada acara keluarga yang jauh hari telah direncanakan sebelum pelaksanaan wisuda ditentukan. Namun demikian seluruh rangkaian acara berlangsung dengan khidmat dan sukses. (rmd)

Kampus Timur,Selasa(25/4). Setelah menunggu lama, akhirnya Re-Akreditasi terhadap Program Studi Agroteknologi kembali dilaksanakan pada tanggal 27 April 2017 mendatang. Dekan FP Ir. T.M.Nur., M.Si mengatakan “bahwa berdasarkan surat tugas yang diterima oleh Universitas Almuslim dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor:2755/BAN-PT/AK/AL/2017 menugaskan Prof.,Dr.,Ir. Abdul Latief Abadi.,MS. dari Universitas Brawijaya dan Prof.,Dr.,Ir., Dedik Budianta., MS dari Universitas Sriwijaya akan melaksanakan Asesmen Lapangan ke Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Almuslim. Untuk itu mari sama-sama kita siapkan apa yang akan diminta serta dibutuhkan oleh Tim Ban-PT, kali ini marilah kita doakan agar mendapat nilai yang baik”. Pungkas Dekan terpilih FP periode 2017-2021.

Kampus Induk Kamis (20/04). Fakultas Pertanian Umuslim ikut ambil bagian dalam Festival Kebudayaan Umuslim 2017  serta Diskusi Publik. Dekan III FP Ir. Hj. Suryani., M.Pt mengatakan “acara tersebut berlangsung selama 5 hari kedepan (25 April 2017-red) yang mana Fakultas Pertanian telah membuka stand yang disediakan oleh panitia. Adapun stan FP didalamnya diisi oleh enam Program Studi yang mana lebih menampilkan kreatifitas dan wirausaha mahasiswa, sebagai contoh Mahasiswa Prodi Budidaya Perairan memamerkan dan memberikan penjelasan tentang Budidaya Ikan Lele yang punya nilai jual”. pungkas Dekan III yang membidangi kemahasiswaan.

Peusangan-Fakultas Pertanian Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen melakukan penandatanganan naskah kerjasama (MoU) dengan fakultas Pertanian  Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh dan Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhokseumawe, (20/12/2018). 

Penandatangan naskah kerjasama tersebut  dilakukan masing-masing dekan fakultas ketiga perguruan tinggi tersebut, Fakultas Pertanian Umuslim dilakukan Dekan Fakultas Pertanian Umuslim Ir.TM.Nur, MSi sedangkan Unsyiah dilakukan Prof.Dr. Samadi., M.Sc selaku Dekan FP Unsyiah kemudian  sebelum dilakukan penandatanganan dengan Unsyiah,  juga telah dilakukan MoU dengan Fakultas pertanian Unimal Lhokseumawe, yang penandatanganan naskah kerjasama dilakukan  Dekan FP Unimal Dr. Mawardati, M.Si dan Dekan FP Umuslim Ir. T.M.Nur, MSi. 

Wakil dekan I Fakultas Pertanian Umuslim Drh.Zulfikar,MSi menjelaskan  tujuan dilakukan penandatanganan kerjasama ini untuk meningkatkan jaringan kerja sama antar Universitas khususnya Fakultas Pertanian dalam bidang penelitian, pengajaran, pengabdian masyarakat dan kemahasiswaan. 

Saat penandatanganan kerjasama  turut  disaksikan wakil Dekan FP Unsyiah, wakil rektor I Umuslim Dr. Hambali., M.Pd, Ka.Prodi Kehutanan Umuslim Dr.Ir.OK Hasnanda Syahputra,MP dan beberapa ka.prodi dalam lingkup Fakultas Pertanian Universitas Almuslim, ungkap Drh.Zulfikar, MSi.(HUMAS)

Kampus Timur (27/7), Setelah selesai visitasi pada April 2017 lalu, Prodi Agroteknologi saat ini telah mendapat penilaian dari BAN – PT. Hal itu diketahui setelah Dekan FP Umuslim Ir. T. M. Nur., M.Si mendapat laporan dari pihak BAN – PT bahwa nilai akreditasi sudah keluar sesuai dengan nomor SK  2208/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2017. Kaprodi Agroteknologi Agusni. SP., MP mengatakan “Alhamdulillah nilai akreditasi telah keluar, pada saat visitasi