Sejarah Pembentukan Program Studi Kehutanan

Program studi kehutanan merupakan program studi baru di Fakultas Pertanian yang terbentuk pada tahun 2016 sesuai dengan izin operasional dari Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi Nomor SK : 30/KPT/I/2016 Tanggal 20 Januari 2016. Salah satu sumberdaya alam terbesar di Indonesia yang belum dikelola dan dimanfaatkan secara berkelanjutan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah potensi sumberdaya hutan khususnya wilayah Provinsi Aceh Kabupaten Bireuen.

Oleh karena itu, untuk mencapai pengelolaan sumberdaya hutan secara lestari dan berkelanjutan maka diperlukan sumberdaya manusia yang profesional dan handal berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi. Berdasarkan hal tersebut, Fakultas Pertanian Universitas Almuslim Bireuen membuka Program Studi Kehutanan yang memiliki karakter islami dan mampu meningkatkan daya saing global di bidang kehutanan.

Visi Program Studi Kehutanan :

Berdasarkan visi universitas dan fakultas yang diacu, maka visi Program Studi Kehutanan pada tahun 2021 adalah:

Menjadi program studi berbasis riset dan inovasi yang unggul dalam bidang kehutanan berkelanjutan yang bertaraf nasional, memiliki karakter yang islami dan mampu meningkatkan daya saing global di bidang kehutanan, pengembangan IPTEKs dan sumberdaya manusia”.

 Misi Program Studi Kehutanan :

Adapun misi program studi kehutanan Umuslim adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai penyelenggara pendidikan yang berbasis riset dan teknologi dalam bidang kehutaan untuk menghasilkan lulusan yang unggul bertaraf nasional, profesional dan berkarakter islami dalam konteks pembangunan kehutanan berkelanjutan.
  2. Melakukan kajian-kajian ilmiah, publikasi ilmiah dan teknologi serta inovasi yang dihasilkan diharapkan memiliki daya saing dan dapat diseminasikan kepada masyarakat untuk memecahkan berbagai permasalahan dengan pendekatan islami.
  3. Meningkatkan kualitas, relevansi, substansi di bidang pendidikan, melakukan penelitian yang adaptif dan responsif dalam membantu menyelesaikan masalah serta tantangan kehutanan di Indonesia.

Program studi kehutanan harus dapat mengantisipasi berbagai perubahan baik pada skala nasional mapun global dalam perkembangan dan menghasilkan IPTEKs kehutanan yang sangat cepat dengan inovasi serta sumberdaya manusia yang mampu berkontribusi dalam mengatasi tantangan di bidang kehutanan dalam persaingan global.